jump to navigation

Pancasila dalam 10 Bahasa Januari 17, 2007

Posted by ogan in Lain-Lain.
trackback

Pancasila (Indonesian)
1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia

The Five Principles (English)
1. Belief in the one and only God
2. Just and civilized humanity
3. The unity of Indonesia
4. Democracy guided by the inner wisdom in the unanimity arising out of deliberations amongst representatives
5. Social justice for the whole of the people of Indonesia

Pancasila (Jawa)
siji: Gusti Alllah ora ono kancane
loro: Dadi wong kudu sing adil lan ojo kejem-kejem
telu: Indonesia bersatu kabeh
papat: karo tonggo-tonggo nek ono masalah diomongno bareng-bareng opo o
limo: mangan ra mangan sing penting kumpul

Pancasila (Sunda)
Hiji: Gusti Allah eta sorangan sareng ageng pisan
Dua: ka sorangan teh sikapna kudu sami, ulah ngabeda-beda keun..
Tilu: Indonesia kuduna mah jadi hiji
Opat: Ra’yat Indonesia sae na pang mutuskeun sagala teh disepakatkeun heula. Kedah bager lan bijaksana
Lima: Ceunah teh sikap sosialna kudu adil hiji sareng batur.

Pancasila (Batak Toba)
Sada: Dang adong na pajago-jagohon di jolo ni Debata
Dua : Maradat tu sude jolma
Tolu : Punguan ni halak Indonesia
Opat : Marbadai … marbadai, dungi mardame
Lima : Godang pe habis saotik pe sukkup

Poncosilo (Jawa kromo)
Kaping setunggal: Gusti ingkang Maha satunggal
Kaping kalih: Tiang ingkang Adil lan beradab
Kaping tiga: Persetunggalan Indonesia
Kaping sekawan: Kerakyatan ingkang dipimpin kaliyan hikmat lan kewicaksonoan dateng permusyawaratan kang diwakilkan.
Kaping gangsal:Adil kang sosial kangge sakabehe tiang Indonesia

Pancasila (Palembang)
Sute: Tuhan ne sute tu’la
Due: jelme harus khapat same rate
Tige: jelme Indones iane bersatu padu
Empat: jeleme Indonesiane diketuci ngai hikmah dimane ngedapatkan jawaban dadi gegale masalah
Leme: kesameratean hidup ne jelmekangok Indonesia…

Pancasila (Ambon)
1. Torang samua tawu cuma ada Tuang Allah yaitu Tete manu…
2. Orang ambon samu harus tau adat
3. Acang deng obet harus bisa bakubae
4. Paitua deng maitua harus bae-bae di rumah rakyat
5. Samu harus bisa jaga diri karna ambon lapar makan orang……. …

Pancasila (Manado)
1. Cuma boleh ba satu Tuhan
2. Selalu adil kong ja pake ontak
3. Torang samua satu, Bangsa Indonesia
4. Tu rakyat musti slalu bakumpul kong bicara bae-2 spy slalu ada kaputusan gagah yg semua trima deng nang hati.
5. voor seluruh ra kyat Indonesia, nyanda ada tu jabaku kase beda-2 perlakuan.

Pancasilo (Padang)
Ciek: Bintang Basagi Limo
Duo: Rantai pangikek kudo
Tigo: pohon baringin gadang ta’mpek kito bacinto
Ampek: kapalo banteng bataduk duo
Limo: padi jo kapeh pambaluik nan luko.

Sumber: http://cerdaspool.blogspot.com/2006_10_01_archive.html

Komentar»

1. Hermann Gunawan - Februari 15, 2007

Dear,

We are an international NGO working with literacy program and community development for vernaculars in Indonesia. Our main responsibilities are to provide accessible learning materials in vernacular, literacy program and community development in the field of health, education, agricultural and cultural preservation. We are planning to conduct a full two-month survey on Palembang Malay, Musi and Rawas. We are looking for someone knowledgeable to provide us with information concerning the survey areas. This will be very helpful in planning our survey

DAFTAR WAWANCARA SOSIOLINGUISTIK PESISIR TIMUR PALEMBANG

Mohon diisi dengan lengkap dan akurat. Berikanlah jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang saudara ketahui saja.

1. Saudara lahir dan besar dimana tepatnya? Sudah berapa lama anda tinggal di daerah tersebut?
2. Anda mengidentifikasi diri anda dari suku apa? Bahasa Ibu anda bahasa apa?
3. Berapa jumlah dialek yang terdapat dalam bahasa Palembang? Dan dialek manakah yang paling murni?
4. Sejauh yang saudara ketahui, ada berapa jumlah bahasa/logat di pesisir timur Palembang? Seberapa jauh jangkauan pemakaian bahasa Palembang?
5. Apakah orang Palembang dapat mengerti penutur bahasa Musi/Rawas?
6. Apakah orang Palembang dapat mengerti penutur bahasa Ogan dengan mudah?
7. Apakah orang Palembang dapat mengerti penutur bahasa Pasemah?
8. Apakah orang Palembang dapat mengerti penutur bahasa Panesak?
9. Kalau Saudara ketemu orang dari SumSel bagian Ulu, apakah saudara memakai bahasa Palembang yang sama dipakai oleh orang Palembang pada umumnya atau ganti ke Bahasa Palembang yang berbeda? Kalau YA, apa perbedaannya?
10. Dimana sajakah pusat-pusat populasi di pesisir timur Palembang? Apa kota-kota yang ramai/besar di pesisir timur Palembang? Seberapa jauhkah dari pusat kota Palembang?
11. Apakah saudara ada saran mengenai lokasi desa yang paling baik untuk penelitian di pesisir timur Palembang, yaitu desa yang masih murni dan belum banyak pencampuran etnis?
12. Apakah penutur bahasa Palembang dapat mengerti para penutur bahasa lain di sekitarnya?
13. Bahasa apa yang dipakai sebagai bahasa pengantar untuk komunikasi yang lebih luas selain Bahasa Indonesia di Palembang?
14. Bagaimana keadaan demografis di pesisir timur Palembang dalam hal percampuran etnis?
15. Seberapa kuatkah pengaruh Bahasa Indonesia terhadap bahasa/dialek daerah?
16. Bagaimana sikap bahasa terhadap Bahasa Indonesia dan bahasa Palembang? Apakah orang memandang rendah/tinggi bahasa mereka?
17. Apakah ada upaya-upaya yang dilakukan baik pemerintah maupun individual untuk melestarikan bahasa daerah sejauh ini?
18. Dalam lingkup/ranah apa sajakah orang menggunakan Bahasa Indonesia atau bahasa Palembang?
19. Apakah ada buku dalam bahasa Palembang yang pernah diterbitkan? Jika Ya, mengenai apa topiknya?
20. Apakah anda mempunyai atau mengetahui ada ahli bahasa Palembang di daerah anda?
21. Bagaimana dengan pengarang buku/ novel memakai bahasa Palembang?
22. Bagaimana keadaan infrastruktur di daerah anda dan sekitarnya?
23. Bagaimana kondisi geografis di pesisir timur Palembang?
24. Apakah ada sentimen negatif terhadap orang luar/asing di daerah itu?
25. Kapan waktu yang terbaik untuk menemui penduduk desa? Bagaimana kebiasaan penduduk desa dalam hal aktifitas?
26. Apakah ada hal-hal tabu yang tidak boleh dilakukan di daerah tersebut?
27. Bisakah anda memberikan gambaran umum mengenai budaya di daerah pesisir timur Palembang? (dalam hal menyapa, tata cara makan, body language, etc)
28. Bagaimana dengan aspek keamanan di sana? Adakah saran agar perjalanan kami lancar dan aman? Apakah ada daerah-daerah yang rawan?
29. Apakah di desa ada listrik, air bersih, dan telepon/ sinyal handphone di desa-desa di pesisir timur Palembang?
30. Apakah ada banyak tempat menginap di desa atau sepanjang jalan pesisir timur Palembang?

Please kindly forward your response to my email: hermann_gunawan@yahoo.com

Thanks You

2. Sara - Februari 21, 2007

wah, kok pinter bermacam2 bahasa ya?🙂

3. jerni - Maret 12, 2007

untuk yang bahasa palembang itu pake bahasa suku yang mana ya…kok saya sebagai orang palembang ada kata2 yang nggak ngerti…untuk sumatera selatan kan banyak macam juga dialeknya. contoh :untuk Kabupaten muara enim saja berbeda2 dialek dalam satu kabupaten itu…apalagi sudah antar kabupaten. thx

Aku sendiri orang Sumsel gak ngerti Bahasanya. Kayaknya seh itu Bahasa Komering. Bukan Bahasa Palembang. Btw Jerni aslinya mana? Muara Enim ya??? Salam…

4. ino - April 17, 2007

ha…234x yg ke-5 beta seng pernah makan orang

5. ricky - April 18, 2007

sumpa….ko bisa sieh…..?????? gw aja ga nyangka ????

6. VI - Oktober 7, 2007

tolong dong dibuat keterangan tentang bagaimana si bebaso palembang itu. pengen tw bgt ni. . . berhubung bahasa alus itu sendiri udah terkesan hmpir punah. q pngen pelajari… thx

7. iis srijati mulya - Desember 2, 2008

bantuin dunk….
sya lagi mau penelitian bahasa palembang.

8. haritso soetoro-Ng - Februari 6, 2009

Herman Gunawan

pacarnya Ivan Gunawan (suka sesama jenis)

9. haritso soetoro-Ng - Maret 1, 2009

Heman Gunawan sok2

10. n4h8 - April 11, 2009

asalamu’alaikum pak,,

wah,,,

krenz ya pak,pancasilanya dlam berbagai bahasa,,

hebat…hebat…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: